Rabu, Maret 25, 2009

Bukan Organda Biasa


ditulis oleh administrator

SIWALIMA-UNHAS lahir sebagai jawaban atas kebutuhan sekelompok mahassiswa muslim asal Maluku yang kuliah di Unhas Makassar. Pada 18 Februari 2009 SIWALIMA-UNHAS dideklarasikan secara terbuka disertai diskusi gerakan mahasiswa dengan mengundang beberapa elemen pergerakan mahassiswa di kampus Unhas. Sebut saja KAMMI, LMND, UKPM-UH (persma), BEM-BEM se-Unhas dan beberapa organisasi daerah Sulsel.

Penegasan identitas sebagai organisasi pergerakan dirumuskan pada kongres pertama pada tanggal 21-22 Maret 2009 di Bantimurung, Kabupaten Maros. SIWALIMA-UNHAS bersifat independen dan memproyeksikan gerakannya pada dua aras vital yang saling menguatkan, yakni perkaderan dan perjuangan. Pada aras perkaderan ditekankan penguatan kapasitas kader beserta instrumen kelembagaannya seiring progresivitas pada horizon perjuangan senantiasa dikedepankan untuk mengaktualisasikan tanggung jawab kecendekiaan yang secara humanis dan teologis menjadi amanah siapa saja kaum intelektual.

Usia baru balita, namun hal ini bukanlah penghalang untuk menegaskan peran-peran kecil yang meresonansikan tradisi perlawanan terhadap manifestasi neokolonialisme dan neoimperialisme dalam bentuk agenda neoliberalisme. Warna daerah Maluku semata sebagai basis persekawanan dan bukanlah berarti sektarianisme dan primordialisme. Di manapun ketika perlawanan terhadap kezaliman hendak dibuat, maka dibutuhkan pembangunan organisasi sebagai wadah untuk menyatukan dalam satu serikat yang kuat, entah itu berbasis mahasiswa, petani, kaum marjinal, pekerja dan lain-lain termasuk persekawanan berbasis asal daerah. Kita pernah membaca pada sejarah pra Kemerdekaan Republik Indonesia, dimana kaum pemuda mengorganisasikan dirinya berbasis identitas asal daerah. Sebut saja Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Minahasa dan lain-lain. Gaung yang ditunjukkan ketika itu adalah semangat nasionalisme untuk mengusir penjajahan Eropa.

Pada konteks perjuangan, SIWALIMA-UNHAS memiliki tantangan besar yang harus disikapi dengan semangat dan istiqomah. Torehan yang terbaik bagi sejarah kemanusiaan adalah pilihan terbaik bagi eksistensinya menapaki jaman yang sangat kompleks. Oleh karena itu dua hal yang segera harus dilakukan yaitu secara intensif melakukan penguatan wacana, sharing informasi dan perluasan relasi dan jaringan lembaga serta turut proaktif merespon masalah-masalah sosial yang berkaitan dengan penindasan atas rakyat yang dilemahkan secara sistemik. Sikap ini perlu ditempuh sebgai proyeksi dari tujuan serikat ini dibentuk, yakni "Terbinanya mahasiswa Muslim Maluku menjadi insan raushan fiqr yang turut bertanggung jawab atas terwujudnya tatanan masyarakat yang diridhoi Allah Swt." SIWALIMA-UNHAS tak sekedar organisasi ngumpul-ngumpul yang fanatik dengan asal kampungnya, akan tetapi lebih dari itu SIWALIMA-UNHAS adalah serikat persekawanan yang berorientasi pergerakan.

Salam Siwalima...!!!






3 komentar:

  1. dong foto manis juaaa...

    BalasHapus
  2. Permisi bos , bt angkatan 2012 FH UH mau gabung organda siwalima bagemana caranya ? Danke banya kk samua :)

    BalasHapus
  3. numpang tanya, di unhas ada bimbel untuk tes sbmptn gak?

    BalasHapus